About

3.1.11

Filosofi Berlatih Teater


Teori Peter Senge (1990) mengenai Organisasi pembelajar/Learning Organization (LO), merupakan salah satu filosofi berlatih teater yang bisa diimplementasikan. Filosofi itu meliputi antara lain:
a. Pancarkan sinar kita. Tingkatkan kapasitas kita. Ciptakan hasil yang paling kita inginkan. (Peter Senge, dalam Personal Mastery, kesatu dari disiplin kelima)
b. Aktif dalam perenungan. Ajeg mengklarifikasi. Perbaiki gambaran diri. Konsep diri kita mempengaruhi kita mengambil keputusan terbaik. (Mental Model-nya Peter Senge, kedua dari disiplin kelima)
c. Menyatukan perbedaan. Membangun komitmen kelompok. Bersama menetapkan ekspektasi. (Share Vision, Peter Senge, ketiga dari disiplin kelima)
d. Bersinergi. Terbuka untuk belajar. Bersama menggali apa yang tak diketahui. (Team Learning-nya Peter Senge, keempat dari disiplin kelima)
e. Berpikir komprehensif. Menginternalisasikan dan mendaratkan hal-hal konseptual. Menyederhanakan, mengefektifkan, dan menyelaraskan sistem berpikir. (Systems Thinking-nya Peter Senge, kelima dari disiplin kelima)

0 komentar:

Posting Komentar